Saturday, August 4, 2018

Muzik Dangdut

Dangdut merupakan salah satu dari genre seni musik populer tradisional Indonesia yang khususnya memiliki unsur-unsur Hindustani (India), Melayu, dan Arab. Dangdut bercirikan dentuman tabla (alat musik perkusi India) dan gendang. Dangdut juga sangat dipengaruhi dari lagu-lagu musik India klasik dan Bollywood.

Image result for tabla drum                     
                     www.instrumentinsider.com   
  
                        
                                                                                                     www.wikidank.com

Penyebutan nama "dangdut" merupakan onomatope dari suara permainan tabla (dalam dunia dangdut disebut gendang saja) musik India. Putu Wijaya awalnya menyebut dalam majalah Tempo edisi 27 Mei 1972 bahwa lagu Boneka dari India adalah campuran lagu Melayu, irama padang pasir, dan "dang-ding-dut" India.[2] Sebutan ini selanjutnya diringkas menjadi "dangdut" saja, dan oleh majalah tersebut digunakan untuk menyebut bentuk lagu Melayu yang terpengaruh oleh lagu India.


Dangdut dalam gaya moden

Kini sering dimasukkan elemen moden seperti hip hop, nasyid dan lain-lain. Di sebahagian tempat, dangdut digunakan sebagai alat dakwah.


                                                                         www.qobuz.com


www.tangselpos.com




Itu sahaja untuk entry saya yang kedua ini...........semoga bermanfaat...sekian

No comments:

Post a Comment

Long Rowing

Assalamualaikum. Long Rowing This is a story of how I lead a kayaking race expedition to Bunga Mas 6. Our expedition were joined by ...